Green Camp Literasi di Kampung Literasi

Green Camp Literasi Kampung Literasi Borongtala berlangsung di Rumah Hijau Denassa (RHD) Jalan Borongtala Nomor 58 A, Kelurahan Tamallayang, Kecamatan Bontonompo, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan, pada tanggal 25-26 Februari 2017. Kegiatan ini diikuti 40-an peserta didik Kelas Komunitas RHD yang juga peserta Kelas Budaya dan Bahasa Kampung Literasi Borongtala, enam orang peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) Angkatan 53 Posko Kelurahan Tamallayang, serta empat pendamping dari RHD dan Kampung Literasi.

GreenCamp Literasi di Kampung Literasi Borongtala, Rumah Hijau Denassa (25-26/02/2017)

Green Camp Literasi di Kampung Literasi Borongtala, Rumah Hijau Denassa (25-26/02/2017)

Kegiatan berlangsung di Pelataran Mappasomba dan Balla Ratea RHD.  Meski hujan mengguyur kawasan ini sejak sehari sebelumnya tidak menyurutkan semangat para peserta mengikuti kegiatan yang mewajibkan mereka mengkonsumsi pangan lokal sepanjang pelaksanaan kegiatan. Selain makanan kegiatan ini juga mewajibkan peserta menulis pengalaman kegiatan, serta memasukkan tulisan sebagai syarat mengikuti ivent. “Green Camp Literasi merupakan kegiatan yang mensinergikan minat baca dan menulis dengan literasi lingkungan hidup. Untuk kali ini melibatkan anak-anak usia SD peserta didik Kelas Komunitas” ungkap Darmawan Denassa, ketua Kampung Literasi Borongtala dan Pendiri Rumah Hijau Denassa (RHD).

Green Camp kali ini juga merupakan bagian dari Ramah Tamah KKN UINAM Angkatan 53 Posko Kelurahan Tamallayang dan apresiasi dari dari berakhirnya Kelas Budaya dan Bahasa periode Januari dan Februari 2017. Proses Belajar Mengajar kelas ini dibantu peserta KKN UINAM Posko Tamallayang sehingga tema yang dipilih ‘Melanjutkan Sinergitas Membangun Generasi Islami yang Memuliakan Kearifan Lokal, Berakhlak, dan Peduli Lingkungan’ dalam kegiatan ini. Kita harapkan komunikasi serta kerjasama bisa dilanjutkan dengan teman-teman yang sudah mendukung proses belajar dan beberapa kegiatan lain di RHD dan Kampung Literasi, kata Denassa.

Green Camp ini juga dirangkaikan dengan Reading Day yang diikuti lebih 100 peserta dari 14 sekolah se-kecamatan Bontonompo dan Kelas Komunitas RHD. Kegiatan ini merupakan kerjasama RHD dengan Penerbit Erlangga. Permainan tradisional anak-anak Songkok-songkok jangang yang hampir punah juga dipermainkan dalam kegiatan ini, untuk mendorong peserta mempermainkannya serta mengenalkan bagi yang belum tahu permainan ini. Kegiatan berakhir siang menjelang sore Ahad, 26 Februari 2017. Para peserta tampak gembira mengikuti kegiatan dua hari ini. Berkemah merupakan kegiatan yang lazim dilaksanakan di RHD sejak 2010 silam dan senantiasa dinantikan peserta Kelas Komunitas disetiap angkatan■

Add Comment