The Malay Archipelago

The Malay Archipelago merupakan ssalah satu buku yang ditulis natualis ternama asal Britania  Alfred Russel Wallace. Buku ini telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia dengan judul Sejarah Nusantara.

Alfred Russel Wallace yang kemudian akrab kita kenal dengan panggil Wallace. Wallace adalah ahli biologi, antropolog, geografi, dan sosial. Di lahirkan pada tangga 8 Januari 1823, ia banyak melakukan penelitian lapangan, pertama-tama di basin Sungai Amazon dan kemudian di Kepulauan Melayu (Nusantara). Wallace mengidentifikasi pembagian fauna yang sekarang dikenal dengan istilah Garis Wallace. Garis tersebut membagi kepulauan Indonesia menjadi dua bagian yang berbeda: bagian barat di mana sebagian besar faunanya berasal dari Asia, dan bagian timur di mana faunanya mencerminkan Australasia.

The Malay Archipelago buku karya Alfred Russel Wallace (Foto buku: Darmawan Denassa)

The Malay Archipelago buku karya Alfred Russel Wallace (Foto buku: Darmawan Denassa)

Dikenal dengan julukan bapak biogeografi karena pengakuan dunia kepadanya sebagai ahli terkemuka abad ke-19 dalam bidang penyebaran geografis spesies hewan. Kisah perjalanannya di nusantara dari Singapura hingga Papua dapat ditemukan dalam buku ini. Sebuah buku penting, khususnya bagi orang-orang yang ingin mengenal kekaaneragaman hayati, budaya, dan antropologi di nusantara. Buku ini ia tulis enam tahun setelah tiba di Inggris, setelah menjelajah bertahun-tahun di Nusantara.

Buku ini dapat Anda baca di Perpustakaan Denassa, Rumah Hijau Denassa (RHD) di Kampung Literasi Borongtala.

Info koleksi, Jenis: buku. Judul: Sejarah Nusantara; The malay Archipelago, karya Alfred Russel Wallace. Penerbit Indoliterasi Yogyakarta, cetakan I 2015. iv + 856 halaman, 15 x 23 cm. Jumlah 1 eksplar. (Darmawan Denassa)

Add Comment