SIT Al-Fikri Menjelajah di Kampung Literasi Borongtala

Sekolah Islam Terpadu (SIT) Al-Fikri Makassar melaksanakan field trip ke kawasan konservasi lingkungan dan edukasi Rumah Hijau Denassa (RHD) yang juga merupakan Kampung Literasi. Kegiatan yang diikuti 300 peserta ini berlangsung 04 November 2017. Anak-anak usia TK hingga peserta didik SMP begitu antusias mengikuti Literasi Sains yang dipandu langsung Darmawan Denassa bersama para relawan Kampung Literasi Borongtala.

Peserta Outing Class SIT Al-Fikri Makassar Menyeberangi Sungai saat Menjelajah di Rumah Hijau Denassa (04.11.2017)

Peserta Outing Class SIT Al-Fikri Makassar Menyeberangi Sungai saat Menjelajah di Rumah Hijau Denassa (04.11.2017)

Kegiatan para peserta diawali dengan panen jagung bersama, dilanjutkan menjelajah, belajar eksositem sawah, belajar kekayaan hayati, dan bermain. Pada sesi menjelajah peserta melintasi hamparan kebun jagung dan tebu, lalu menyeberagi sungai dengan titian yang terbuat dari bambu. Pada sesi ini semua anak tampak antusias, meski beberapa orang awalnya khawatir bahkan takut menyeberang namun dengan semangat yang diberikan Denassa dan fasilitator semua peserta sukses menyeberang.

Di perkebunan tebu para peserta menggali manfaat tanaman yang dikenal dengan nama sugar cane dalam bahasa Inggris ini. Para peserta begitu antusias mengikuti penjelasan Darmawan Denassa dan pendamping tentang produk yang dapat dihasilkan tanaman ini. Gula pasir, bahan membuat kecap, vetzin, molasis (molasse), dan bioetanol merupakan produk umum yang dapat dihasilkan tebu selain dapat dibuat minuman segar●

Add Comment