Siswa CGS ikut Literasi Sains di Kampung Literasi Borongtala

Study Visit peserta didik Celebes Global School (CGS) Makassar berlangsung Sabtu (05.08.2017) di Rumah Hijau Denassa (RHD) sesuai rencana yang telah disusun tim CGS dan RHD. Dari enam bidang literasi yang digalakkan di Indonesia kunjungan ini termasuk Literasi Sains dimana didalamnya mencakup Lingkungan Hidup. RHD seperti yang kita ketahui bersama, tahun 2016 menjadi sekretariat dan pusat pelaksanaan kegiatan Kampung Literasi Borongtala.

Study Visit Celebes Global School (CGS) di Rumah Hijau Denassa (RHD) sekretariat Kampung Literasi Borongtala (05.08.2017)

Study Visit Celebes Global School (CGS) di Rumah Hijau Denassa (RHD) sekretariat Kampung Literasi Borongtala (05.08.2017)

Seluruh peserta kelas X dan XI CGS hadir dalam kegiatan sehari ini, mereka tampak antusias mengukti seluruh sesi kunjungan untuk mendukung mata pelajaran biologi yang diikuti. “Peserta khususnya kelas X sedang mempelajari materi Keanekaragaman Hayati, untuk mendukung pemahaman peserta pada materi  itu kami laksanakan Study Visit ini, dan RHD sepanjang pengetahuan saya sangat mendukung” kata Andi Nurul Virninda, guru pembina Mata Pelajaran (MP) Biologi di CGS. Alumni jurusan Biologi Universitas Negeri Makassar (UNM) ini, sebelumnya pernah berkunjung ke RHD dalam acara yang bertema Piknik Hijau di Rumah Hijau Denassa bersama puluhan penggiat lintas komunitas  se-Kota Makassar dalam rangka Hari Bumi 2015 lalu.

Dalam Study Visit ini, para peserta belajar tanaman, hewan, dan ekosistem.  Selama dua jam touring di persawahan dan area konservasi RHD, mereka belajar 40-an jenis tanaman dari 400 lebih jenis yang telah ditanam dan diselamatkan Denassa dalam kawasan ini. Tanaman-tanaman yang dipelajari dipilih berdasarkan keterkaitan genetik, keunikan, dan tingkat kebutuhan kita pada tanaman itu yang diharapkan mendukung pemahaman peserta pada materi yang diterima di kelas. Peserta berinteraksi langsung dengan tumbuhan dan hewan dengan mengenal nama (lokal, umum, dan latin), bentuk. Diperkenalkan pula gen, spesies, dan ekosistemnya.

 

Add Comment