Penyala Makassar di Kampung Literasi Borongtala

Penyala Makassar merupakan komunitas yang berdiri sejak 2013 silam dan bagian dari Indonesia Menyala, sebuah gerakan buku dan perpustakaan yang diinisiasikan oleh Gerakan Indonesia Mengajar. Ahad, 15 Januari 2017  para penggiat Penyala Makassar melaksanakan Piknik di Rumah Hijau Denassa (RHD) yang merupakan sekretariat Kampung Literasi Borongtala. 50-an penggiat Penyala Makassar disambut Kelas Menulis dari Kelas Komunitas RHD bersama Darmawan Denassa, ketua Kampung Literasi Borongtala.

Kunjungan Penyala Makassar di Kampung Literasi Borongtala (15.01.2017)

Kunjungan Penyala Makassar di Kampung Literasi Borongtala (15.01.2017)

Selain belajar kekayaan hayati yang telah diselamatkan Denassa di kawasan konservasi RHD para penyala juga berinteraksi dengan Kelas Komunitas RHD, melaksanakan Outbond, dan menyusun program kerja untuk dua bulan pertama 2017 ini.  Outbond dipandu Fany Bungawali Latif salah seorang penggiat Penyala Makassar yang saat ini menempuh pendidikan lanjutannya di UGM Yogyakarta.

Peserta piknik kemudian memilih program kerja (proker) setelah rehat siang. Kegiatan ini dilaksanakan di balla ratea RHD. Peserta diminta memilih satu dari tiga pilihan program yang dipandu Muh. Nur Udpa koordinator Penyala Makassar. Say It With Books (SIWB), Pack Your Spirit (PYS), dan Pustaka Ceria (Puscer) merupakan pilihan program hingga akhir Februari 2017.

Pustaka Ceria (Puscer) merupakan pilihan proker para penyala dengan koodinator kegiatan terpilih Nur Maulany Din El Fath yang akrab disapa El “Mohon dukungan teman-teman untuk kesuksesan acara” pintanya ketika diminta memberi sambutan dalam prosesi pemilihan yang menurut peserta Kelas Menulis RHD acaranya seru dan unik. Dalam acara ini delapan orang peserta  Kelas Komunitas mendampingi kegiatan, mereka tetap setia dari pagi pukul 08 hingga acara selesai di pukul 17 petang. “Metode pendidikan yang menarik dan patut dicontoh” kesan Teri salah seorang Penyala kepada Denassa disela pelaksanaan kegiatan.

Add Comment