Manfaat Lantana Camara

Lantana camara merupakan nama latin Tembelekan, Bunga Tai Ayam, atau Buti-buti (Makassar).  Baunya yang khas menjadikan tanaman ini mudah ditemui, selain bunganya yang juga khas. Lantana dimanfaatkan sebagai obat bergama penyakit seperti memar, keracunan makanan, penghentian pendarahan pada penderita penyakit kanker rahim. Secara lokal Lantana dimanfaatkan untuk mengobati penyakit maag, pertolongan pertama saat terluka.

Lantana Camara atau Buti-buti di Rumah Hijau Denassa (RHD)

Lantana Camara atau Buti-buti di Rumah Hijau Denassa (RHD)

Masih ingat buah lantana yang bulat kecil berwarna hijau dan hitam ketika matang? Sebagian dari Kita hanya akrab dengan menjadikan buahnya sebagai amunisi bedil-bedilan dari bambu.  Ternyata buah lantana yang sudah mulai hitam bahkan sudah hitam dapat kita dikonsumsi. Karena mudahnya menemukan tanaman ini di hutan atau di tepi-tepi tegalan, maka bauhnya dapat kita makan saat merasa lapar.

Lantana dapat dibiakkan melalui biji dan stek batang. Selain bergam manfaat dari daunnya, bunga lantana juga indah dipandang, sehingga bisa mnejadi pilihan sebagai penghias halaman selain memberi manfaat besar sebagai penawar berbagai penyakit. Darmawan Denassa

Add Comment