Kelas Komunitas RHD Belajar Gendang

Rumah Hijau Denassa (RHD) bersama Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Denassa melaksanakan pelatihan gendang bagi peserta Kelas Komunitas. Kegiatan ini didukung dengan tersedianya sara gendang di Bimbi Room RHD.

Kelas Komunitas Rumah Hijau Denassa (RHD) belajar gendang (Foto: Darmawan Denassa)

Kelas Komunitas Rumah Hijau Denassa (RHD) belajar gendang (Foto: Darmawan Denassa)

Cara memainkan gendang dalam tradisi Makassar dibedakan atas bunyi yang dihasilkan. Bunyi ini disesuaikan dengan acara yang sedang berlangsung. Gendang lazimnya hadir untuk mengiringi pesta pernikahan dan sunatan, namun juga digunakan untuk mengiringi tari-tarian, pengucapan sumpah setia (aru), ketika mengundang tokoh hadir dalam hajatan, dll.

Jenis irama tabuan dibedakan dari namanya antara lain renjang-renjang, tunrung pakanrajak, dan kurru sumanga. Jenis irama inilah yang harus dipelajari bagi orang yang ingin belajar gendang, tidak terkecuali peserta Kelas Komunitas RHD.

Pelestarian gendang sangat penting karena berbagai kegiatan budaya dan tradisi dalam etnik Makassar banyak yang diikuti dengan gendang. Kehadiran gendang dalam acara di atas bukan sekedar pelengkap tapi dianggap wajib bagi warga.

Penabu gendang merupakan sebuah profesi dalam kehidupan orang Makassar. Semakin ahli dan beragam jenis tabuan yang dikuasai dan mampu dimainkan maka Pagandarang (nama lokal penabuh) semakin sering menerima pesanan. (*)

Add Comment