Interaksi Mempersiapkan Gerakan Indonesia Membaca di RHD

Kelas Komunitas Rumah Hijau Denassa (RHD) yang tergabung dalam Kelas Menulis untuk Kampung Literasi dipertemukan dengan ratusan peserta didik dari lima sekolah di sekitar RHD.  Mereka akan tergabung dalam satu tim penyambutan dan panitia lokal Gerakan Indonesia Membaca (GIM) yang akan di pusatkan di Kampung Literasi Borongtala. SDN Kalase’rena, SDN Rappokaleleng, SDI Bontonompo, SDN Bontorikong, dan SDN Anassappu sekolah yang mengutus siswanya ke RHD untuk  memeriahkan pelaksanaan GIM di RHD sejak 5 Desember 2016 hari ini.

TGC. Kelas Komunitas bersama Siswa Beberapa SD di Bontonompo Interaksi Mempersiapkan GIM di Rumah Hijau Denassa (RHD)

TGC. Kelas Komunitas bersama Siswa Beberapa SD di Bontonompo Interaksi Mempersiapkan GIM di Rumah Hijau Denassa (RHD).

“Agar mereka bisa saling berkerjasama kami libatkan seluruh peserta ikut dalam interaksi setelah latihan sesi awal” kata Darmawan Denassa pendiri RHD dan Ketua Kampung Literasi Borongtala. Para peserta wajib memilih salah seorang peserta dan berbeda sekolah, lalu saling menggabr wajah eman barunya itu. Metode ini merupakan metode interaksi di RHD untuk mengakrabkan calon peserta didik. Biasanya jika peserta tidak diberikan metode ini proses perkenalan mereka akan lama sehingga membutuhkan waktu untuk membangun suasana dan keakraban, tambah Denassa.

Metode ini selalu sukses diterapkan di Kelas Komunitas, “Salah satu tujuan Kelas Komunitas adalah saling mengakrabkan anak-anak usia sekolah dari sekolah berbeda maupun tingkatan pendidikan untuk meminimalisir perkelahian antar mereka” Kata Alwiah Hasan, Direktur The Gowa Center (TGC). TGC menjadi pengusul pelaksanaan Kampung Literasi agar terselenggara di Borongtala dan berpusat di Rumah Hijau Denassa (RHD)■

 

Add Comment