Diskusi Terkumpul Pelaksana Kampung Literasi

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui Direktorat Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas), melaksanakan Diskusi Terkumpul untuk pelaksanaan program Kampung Literasi dan Desa Vokasi. Kegiatan berlangsung tanggal 23-26 Juni 2016 di Pusat Pembinaan PAUD dan Dikmas Ungaran, Jawa Tengah.

Peserta Diskusi Terkumpul saat Kunjungan ke Desa Vokasi Gemawang, Kabupaten Semarang, Jateng

Peserta Diskusi Terkumpul saat Kunjungan ke Desa Vokasi Gemawang, Kabupaten Semarang, Jateng

Kegiatan diikuti 31 pelaksana Kampung Literasi dan 20 pelaksana desa Vokasi se-Indonesia. Kegiatan yang dibuka oleh Direktur Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan, Erman Syamsuddin, bertujuan menyamakan persepsi dan membangun komitmen dalam penyelenggaraan Kampung Literasi dan Desa Vokasi.

Kampung Literasi merupakan kampung yang akan didorong menjadi kawasan  yang melaksanakan literasi dalam makna luas.  Kampung Literasi tidak sekedar melaksanakan baca, tulis, dan hitung (Calistung), tetapi juga melaksanakan literasi teknologi, finansial, kesehatan, media, dan sebagainya.

Desa vokasi merupakan desa yang didesain menjadi sentra  layanan  kursus atau pelatihan beragam kecakapan, agar warga bisa bekerja atau berwirausaha.  Kegiatan warga pasca pelatihan diintegrasikan dengan pengelolaan unit-unit usaha di desa  dalam dimensi sosial-budaya dan lingkungan secara simultan.

Pada hari ketiga kegiatan, seluruh peserta yang berjumlah 60 orang mengunjungi Desa Gemawang, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang sebagai pelaksana desa vokasi pertama sejak 2012. Di desa ini dikembangkan batik, peternakan lebah, pembuatan kripik ubi kayu, dan budidaya kopi. Melalui desa vokasi Gemawang menjadi pemasok kain batik untuk seluruh PNS di Kab. Semarang dan PNS Pemprov Jateng. Limbah kopi dari pabrik diolah menjadi salah satu pewarna pada batik yang diproduksi.

Kunjungan kedua berlangsung di Bergaslor, Kecamatan Ambarawa sebagai percontohan Kampung Literasi, dikampung ini dilaksanakan  literasi baca tulis, budaya, kesehatan, dan kewirausahaan.

Untuk pelaksanaan program kampung Literasi di Sulawesi-selatan, akan dilaksanakan di Borongtala, Kelurahan Tamallayang, Kecamatan Bontonompo, Kabupaten Gowa.  Kegiatan akan dipusatkan di Rumah Hijau Denassa (RHD)  yang telah dilengkapi dengan perpustakaan, TBM, dan rutin melaksanakn kegiatan pendidikan secara swadaya sembilan tahun terakhir. (Darmawan Denassa, Ketua The Gowa Center)

Add Comment